Month: February 2014

Al Mursalat (QS:77) Ayat 29-43 | Abi Makki | 15 02 2014

Catatan Pengajian Subuh Abi Makki. Kalau ada yang salah mohon dikoreksi 🙂

Image

 

Quran Surah Al Mursalat (Surah ke 77) Ayat 29-43

 

Ayat 29

“Pergilah kalian”. Ini maksudnya kepada orang2 kafir. Pergi ke suatu tempat yang dulu kamu dustakan. Maksudnya yaumul hisab.
Ada orang yg tidak mengakui yaumul hisab sama sekali. Baginya. Hidup cuma sekali. Ada juga orang yang mengakui adanya yaumul hisab tapi ngga mempersiapkan diri. Tetep maksiat. Tetep buat dosa.
Dua-duanya sama-sama masuk dalam kategori ini.

Ayat 30

Pergilah. Berteduh di bawah 3 cabang

Ibarat ada anak yang bangel ngebut-ngebutan. Dibilang orangtuanya jangan ngebut, nanti jatoh. Tapi si anak tetep bandel, ngebut, dan akhirnya jatoh dan tulangnya patah. Lalu orangtuanya bilang “enak kan patah tulang?”. Kira2 itu makna dari ayat ini. “Silahkan berteduh di bawah asap api neraka, di bawahnya api neraka”

Sirath atau jembatan.

Lamanya perjalanan di atas jembatan ini hanya 30.000 taun. 10.000 taun turunan, 10.000 taun tanjakan, 10.000 taun lurus.
Jembatan lebih tipis daripada rambut. Berjalannya di dalam kegelapan malam. Di bawahnya ada tingkatan-tingkatan neraka. Kalau ada yang jatuh, 40.000 taun ke bawah belum sampai ke neraka.
Asapnya sangat hitam. Saking hitamnya kalau kita taro tangan di depan kita, tangan kita ngga keliatan.
Lalu apa yg menerangi saat itu? Hanya amal saleh. Baca Surah At tahrim (66) ayat 8.

Bagaimana kondisi orang yang menyeberangi jembatan tersebut? Kata rasulullah “Ada yg secepat kilat. Seperti burung terbang. Seperti manusia biasa. Seperti ayam. Ada yg nunggu cahaya baru jalan. Saat redup dia nunggu. dst”

Siti aisyah suatu saat menangis.  

Rasul bertanya. “Ya Aisyah. Apa yg membuatmu menangis?”

Jawab Aisyah “Bagaimana aku tidak menangis ya Rasulullah, aku memikirkan kubur dan aku memikirkan hisab
Kata rasul. “Itu tidak bisa kita hindari ya aisyah“.
Lalu Aisyah berkata “Wahai Rasulullah. Apakah nanti ada satu masa seseorang kelak di akhirat lupa dgn orang yg dicintainya di dunia ini? (maksudnya, ya Rasulullah, mungkinkah engkau lupa denganku kelak?)

Rasul menjawab.
Ada 3 tempat/waktu dimana kita tidak akan sempat memikirkan siapa-siapa karena kita sibuk memikirkan diri sendiri dengan urusan masing-masing. Tempat tersebut adalah:
1. Ketika dibagikan kitab amal

2. Ketika ditimbang. Yaumul hisab.

3. Ketika di sirath.

Bagaimana cara kitab amal dibagikan?

Nanti orang-orang kaget. Tiba2 ada burung terbang. Ternyata yg terbang bukan burung. Tapi buku. Berantakan terbangnya. Kiri kanan terus. Lalu kitab tersebut jatuh ke diri kita. Mereka dalam keadaan khawatir. Ada yg kitabnya jatuh di tangan kanan. Ada yg di tangan kiri. Ada yg ke pundaknya. Yang menerima kitabnya dengan tangan kanan adalah orang mukmin soleh. Yang menerima dengan tangan kiri adalah orang mukmin tidak soleh. Yang menerima di pundak adalah orang munafik. Orang kafir ngga dapet buku. Ngga punya catetan apa-apa karena ngga punya Laa ila ha illallah.

Ayat 31.

Naungan yang disampaikan di ayat sebelumnya itu tidak melindungi diri dari api

Ayat 32.

Lemparan api neraka itu setinggi istana

Ayat 33. 

Api itu menyerang seperti unta kuning. (kuningnya api). Ada juga yang mengartikan lain, yaitu seperti unta hitam legam karena asap dari api neraka.

Ayat 34.

“Wailuyyaumaidzillilmukadzzibiin” Kecelakaan Ini Aku khususkan utk orang2 yg mendustakan

Ayat ini berulang-ulang..(kalau tidak salah ada 10 X pengulangan)

Ada hubungan dengan ayat di Surah Ar Rahman (55) yang “Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban”

Ayat 35.
Hari ini. Anda tidak bisa bicara apa-apa. Maksudnya. Ngga bisa membela diri. Mulut udah terkunci. Yang bicara tangannya, kulitnya, dst.. 

Ayat 36. Ngga ada lagi yang bisa ngasih alasan.

Yg paling lama dihisab adalah orang kaya dan orang yang banyak alasan. Setiap harta yang kita miliki akan ditanya satu per satu, dari mana kita dapat, apa yang kita gunakan dengan harta tersebut.

Ayat 37.
Celakalah bagi org2 yg mendustakan

Ayat 38. Ini adalah hari yang nyata. “Fasl” maknanya pasti terjadi /mutlak benarnya.

“Jama’naakum wal awwaliin”. Nanti kita dikumpulin sama orang2 jaman dulu. kaum nabi soleh. Kaum nabi nuh. Nanti kita ketemu dengan kakek kita, nenek kita. orang tua kita, dengan usia yang sama. Ngga bisa dibayangkan dengan pikiran kita saat ini.

Ayat 39
Kalo anda punya tipu muslihat. mau bela diri (pakai pengacara, jabatan, duit, dst). Nanti di akhirat. Coba suruh mereka membela anda. Tetep anda akan celaka.

Ayat 40. 

Celakalah bagi orang-orang yg mendustakan

Ayat 41.
Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam naungan yg teduh. Dan ada suara gemericik air.
Bayangkan kira2 tanah terbuat dari kaca.Seperti yg pernah dibuat nabi sulaiman.

Ayat 42.

Akan mendapatkan buah apapun yang diinginkan.

Ayat 43.
Silahkan. Makan minum. Ini semua milik anda.

Al Hajj | Abi Makki | 12 12 2009

Al Hajj 
Pengajian Subuh Abi Makki – Sabtu 12 Desember 2009

Al Hajj merupakan surah yang penuh keajaiban, luar biasa keanehannya, karena sebagian ayat turun di Kota Makkah, sebagian di Madinah. Sebagian turun di waktu siang, sebagian di waktu malam, sebagian waktu Rasul sedang di perjalanan, sebagian ketika di rumah. Surah ini tetap termasuk surah Madaniyah karena semua surah yang turun setelah Rasulullah hijrah merupakan surah Madaniyah. Surah Al Hajj merupakan satu-satunya surah yang dinamakan dari rukun islam, haji. 

Ada 3 pokok pembahasan di dalam surah ini:
1. Al Qiamah, hari kiamat/hari kebangkitan
2. Ibadah yang penuh kekhusuan/ibadah khudhu
3. Jihad fisabilillah
Apa hubungannya antara ketiga poin ini terhadap ibadah haji?

Poin 1

Ayat 1..hari ketika bumi digoncangkan. Ayat pertama aja udah ngebahas kiamat. Sesungguhnya yang namanya kiamat adalah suatu hal yang benar dan amat dahsyat. Haji dan kiamat sama-sama melelahkan, ga ada yang namanya leha-leha. Di haji ada miqat, batas bagi dimulainya ibadah haji. Apabila melintasi miqat, seseorang yang ingin mengerjakan haji perlu mengenakan kain ihram dan memasang niat. Miqat ini ngga boleh ditinggalkan. Di kehidupan juga ada miqat, yaitu ketika di alam janin, di dunia, dan di alam barzah. Semua tahapan harus dilewati. Di haji, sampe ke Makkah ga ada istirahat, langsung tawaf, sai, dll. Maknanya, di akhirat juga ga ada istirahat, Di Padang Mahsyar aja waktu yang dibutuhkan 50.000 tahun, Sirathal Mustaqim ada 7 pos, masing-masing pos 3.000 tahun. 

Ketika haji, bacaannya sama, labbaikallah humma labbaik, jamaah dari afrika, kutub utara, sunda, bacaannya sama. Ketika tawaf, maka manusia akan berkumpul di dalam kepadatan. Apa maknanya berpadat-padatan ketika tawaf? Di padang mahsyar nanti, semua manusia mulai dari Nabi Adam sampai dengan manusia terakhir akan dikumpulkan di tempat yang sama. Ketika itu seluruh manusia berdesak-desakan, panas, dan dibanjiri oleh keringat. Sangking padatnya, dada nempel dengan punggung orang di depannya. 

Tawaf itu muter mulai dari hajar aswad mengelilingi Ka’bah hingga bertemu dengan hajar aswad lagi. Terserah deh jalurnya gimana, maksudnya, mengelilingi Ka’bahnya bisa bener-bener seperti lingkaran, bisa agak ouval, bisa agak kotak, dst, yang penting mesti mulai dari hajar aswad dan mesti balik lagi ke hajar aswad, dan tawaf harus dilakukan didalam lingkungan masjidil haram. Maknanya, anda boleh saja berprofesi sebagai apapun, boleh jadi pengusaha, pedagang, dll, tapi tetaplah berada di dalam Islam. Kemanapun kita pergi, kita pasti akan kembali kepada Allah. Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun. 

Waktu haji, abis tawaf ifada, rambut acak-acakan, baju ihram kotor, wajah lelah, kucel, rambut ga disisir, ga pake parfum. Hal ini menggambarkan ketika kita bangkit di padang mahsyar nanti, keadaannya akan mirip seperti itu. Bangkit dari pasir, kotor, penuh debu. Padahal sebelum pake baju ihram disunnahkan mandi dan pake parfum. Sama seperti jenazah, sebelum dikafankan dimandikan dulu. Nanti kita akan dibangkitkan di alam mahsyar dari tulang ekor. Ayat 5 dan 7.

Ayat 2. Waktu kiamat manusia akan panik. Waktu haji, pas lempar jumrah, dulu sempet ada injek-injekan saking padatnya, tiap orang pasti akan memikirkan dirinya sendiri, yang penting dia selamat, Begitu pula ketika hari kiamat nanti. Di ayat 2 dijelaskan bahwa ibu yang sedang hamil akan menggugurkan kandungannya, seorang ibu akan meninggalkan anak yang disusuinya, dsb. Panik seakan-akan mabuk. Panik karena azab Allah sangat dahsyat. Orang kafir bingung, ini azab sudah dateng, mau lari kemana lagi?

Poin 2

Ibadatul Khudhu. Ayat 26, 32. Kenapa waktu haji ga boleh potong kuku, cabut bulu, petik ini itu, dll. Banyak peraturan yang ngga masuk akal. Sempurna dalam beribadah kepada Allah adalah ketika kita beribadah tanpa banyak tanya. Karena pertanyaan tadi jawabannya iman. Ini membuktikan bahwa apapun perintah Allah akan kita taati.

Masih inget kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail? Waktu Siti Hajar nganter Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebelum melakukan penyembelihan, setan dateng dan bisikin gini ke Siti Hajar “Kamu ini ibu yang tidak bertanggung jawab, anak udah diurus 14 tahun kok dibiarin gitu aja mau disembelih ama bapaknya, itu Ibrahim udah lama ga pulang ke rumah, lalu tiba-tiba datang dan ingin menyembelih Ismail, padahal itu anak kan kamu yang urus”. Lalu apa yang dilakukan Siti Hajar? Dia tidak menjawab godaan syetan tadi sedikitpun. Jawabannya melalui batu. Dengan tetap diam, Siti hajar mengambil batu kemudian melemparkannya ke arah bisikan tadi seraya berkata “Bismillahu Allahu Akbar” 

Begitupula ketika Nabi Ismail hendak berjalan dengan Nabi Ibrahim ke arah tempat penyembelihan. Setan pun datang dan menggoda Nabi Ismail dengan menyuruhnya pamit kembali ke ibunya. Jawaban Nabi Ismail pun sama seperti Ibunya, dia ambil batu lalu dilemparkannya ke arah setan. Setan juga menggoda Nabi Ibrahim sebelum ia menyembelih dengan berkata “Ibrahim, engkau kan Nabi, minta cobaan yang laen saja”. Dan Nabi Ibrahim pun ‘menjawab’ pertanyaan setan dengan batu. 
Maknanya adalah, seluruh anggota keluarga harus utuh dan bersatu dalam memusuhi setan. Jangan berkomunikasi sedikitpun dengan setan. Pake batu aja. 

Takbiran itu harusnya khidmat. Nabi Ibrahim waktu mengasah pedang sebelum menyembelih Nabi Ismail, bersikap ikhlas sambil bertakbir. Ngga kaya sekarang, pas malem lebaran takbiran sambil pawai dan musik, apa mungkin mereka mengingat Nabi Ibrahim dalam kondisi seperti itu?

Ibadah khudhu itu ibadah yang kita laksanakan tanpa bertanya-tanya. Coba, masuk akal ngga disuruh nyembelih anak? Ketika itu Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar ikhlas melaksanakan perintah Allah. Dan ketika Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, maka Allah pun menggantikan Ismail dengan seekor domba, dan ketika itu Nabi Ismail ada di sebelah Nabi Ibrahim, kemudian Nabi Ibrahim memeluk Nabi Ismail sambil berkata “nak, kita lulus nak akan cobaan Allah ini”. Begitulah makna ibadah khudlu. Apapun yang Allah perintahkan pasti baik untuk kita

 

*** to be continued…

Nasihat Pernikahan | Abi Makki

Catatan ini diambil dari pengajian ustadz abi makki di rumah seorang teman menjelang pernikahan kakaknya (26 May 2010). Semoga dapat menjadi pelajaran, terutama kepada yang nyatet. Jika ada yang salah mohon langsung dikoreksi.

******

Image

Dalam melihat segala sesuatu, harus jelas asal usulnya, dari apa dia diciptakan dan untuk apa dia diciptakan.

Tujuan manusia diciptakan adalah untuk beribadah. Laki2 diciptakan untuk menjadi seorang pemimpin. Sedangkan perempuan diciptakan untuk membuat hati laki2 tentram dan betah ada di dunia ini. (Baca surah Ar Rum ayat 21) 

Adam & Hawwa 

Ketika nabi Adam bangun dari tidurnya, ada mahkluk di sebelahnya. Kemudian Adam bertanya “kamu ini apa?”. Dijawab oleh makhluk tersebut “Aku ini manusia”. Lalu Adam bertanya lagi “Kamu ini siapa?.” Kemudian manusia tersebut menjawab “Aku ini hawwa”. Arti dari kata “hawwa” adalah: sesuatu yg tercipta dari yang hidup. Hawwa Diciptakan dr tulang rusuk adam yang kiri. Yang paling atas dan paling bengkok dan paling keras. Maka ingat: sifatnya wanita tidak jauh dari apa dia diciptakan: keras, bengkok, mau menang sendiri.

Hadis ini ditujukan untuk laki2, tapi faedahnya adalah untuk menjaga wanita. Laki2 harus hati-hati dalam menjaga wanita. Ibarat di dalam sebuah mall, terdapat kaca, dimana di kaca tersebut ada stiker peringatan “awas ada kaca”. Tujuan peringatan tersebut adalah supaya kaca itu ngga ditabrak oleh si pengunjung mall.

Cenderung bengkok: 

Wanita itu cenderung suuzon, karena perasaannya lebih tajam dari fikirannya, ini adalah hal yg wajar. Wanita cenderung mau menang sendiri. kata Rasul ke sahabat. “Kalo anda menasehati wanita dgn keras, pasti ngga akan bisa, mereka akan patah (ibarat tulang bengkok yang diluruskan dengan cara paksa), tapi kalau dibiarkan saja, mereka akan tetap bengkok”. Jadi gimana? Berlaku lemah lembutlah kepada wanita, baru anda bisa mendidiknya. Contoh: toge. Kalo toge mentah dilurusin, bisa patah. Tapi kalo toge direbus dulu, jadi gampang dilurusin. (Ini kata ibnu taimiah) Wanita itu kuat, namun terbungkus dgn kelembutan hatinya, Lihat, zaenab yang dengan membawa bayinya, beliau masih kuat jalan dari mekkah ke madinah.

Rasul paling pandai menjaga perasaan wanita. 

Suatu saat, rasul pulang dari perang tabuk. Ketika itu, Cuaca di luar panas sekali dan rasul lelah setelah seharian berperang. Ketika sampai di rumah, rasul membuka rompi dan helm, karena haus, Rasul bergerak menuju ke dapur untuk mengambil air minum untuk dirinya sendiri, padahal di dalam rumah ada istrinya, aisyah. 

Kemudia Aisyah bertanya,”Wahai rasul, apakah engkau marah? Kenapa engkau tidak menyuruhku saja untuk mengambilkan air minum untukmu?”. Dan rasul pun berkata, “tidak wahai aisyah, aku tidak marah, aku hanya takut engkau lagi sibuk.” 

Bayangkan…. rasul, yang sudah sedemikian lelahnya berperang di cuaca yang panas, untuk mengambil minum pun beliau tidak mau merepotkan istrinya. Akhirnya aisyah meminta agar dia saja yang mengambilkan air untuk rasul. Kemudian rasul meminta agar aisyah mengambilkan air yang manis untuknya.

Namun, mungkin gara2 aisyah saking rindunya sama rasul, sampe2 aisyah ketuker antara gula dan garam. Bukannya memasukkan gula ke dalam minuman rasul, malah aisyah memasukkan garam. Ketika minuman tersebut diberikan ke rasul, rasul tau kalo sebenernya aisyah ini ngga sengaja masukin garam. 
Lalu, apakah rasul memarahi aisyah? Tidak. 

Malahan rasul berkata seperti ini “Wahai Aisyah, Selama di perjalanan, saya sangat merindukanmu, cuaca siang tadi panas sekali. Walau saya berjalan di pinggir lautan, saya tidak pernah meminum air laut, karena jika minum air yang asin, nanti malah tambah haus” 
Kemudian aisyah berkata “janganlah meminum air yang asin, ini makanya saya memberikan air yang manis untukmu” 

Lalu rasul berkata “Aku rela walaupun aku haus, kamu dulu yang minum air ini” Kata aisyah “jangan, air ini kan untuk engkau” Kemudian rasul pun berkata “Tidak apa2, engkau minum aja airnya duluan”, Singkat cerita, diminum lah air tersebut sama aisyah.

Ketauan lah kalau air tersebut rasanya asin. Aisyah pun meminta maaf kepada rasul. Tapi rasul pura-pura tidak tau dan berkata ”hah, mana yg asin? Coba sini saya minum”. Akhirnya, diminumlah air tersebut sampai habis.. Kemudian aisyah berkata “Bukankah air ini asin wahai rasulullah?” Kemudian rasul menjawab “Wahai aisyah, apapun yg ter-asin dan ter-pahit di muka bumi ini, semua akan terasa manis jika ada engkau di depanku, manisnya ada di wajahmu wahai istriku”

Subhanallah.. lihatlah bagaimana rasul memperlakukan istrinya.
Rasul tidak pernah menaikkan suaranya di depan wanita. 

Dari umar ibn khatab 

“makhluk tersabar di muka bumi ini adalah wanita” Wanita itu hamil 9 bulan lamanya. Melahirkan itu sakit. Kemudian wanita pun menyusui 2 tahun. Semua hal tersebut membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Suatu hari, ada seorang suami yang dimarahin sama istrinya, lalu laki2 ini keluar dari rumah dan pergi ke rumah Umar untuk mengadukan hal tersebut. Di depan rumah Umar, sebelum laki2 ini masuk, terdengar Umar juga lagi diomelin sama istrinya. Laki2 ini berfikir “padahal, nama Umar Bin Khatab ditakuti di seluruh romawi dan di Persia, Umar itu kalau berjalan, sangat cepat. Kalau Anda dipukul sama Umar, bisa2 sakitnya ngga hilang bertahun2”. 

Kemudian, ketika laki2 tadi bertemu Umar di mesjid, laki2 itu berkata “Wahai Umar, saya kaget, ternyata engkau takut sama wanita”, Kemudian, Umar menjawab, “Saya bukan takut, tapi saya menghargai wanita, karena wanita itu adalah manusia paling sabar di muka bumi”
Mendingan hamil 9 bulan ato mendingan diomelin istri 2 jam? 

Ada ngga kewajiban wanita untuk memasak, mencuci, menyapu, dsb? 

Jika dilihat dari hukum fiqih manapun, ternyata tidak ada kewajiban tersebut untuk wanita. Justru laki2 lah yang wajib memberikan itu semua (masak, nyuci, nyapu, dll). Jika laki2 berkewajiban memberikan “nafkah”, maka nafkah yang dimaksud adalah berupa makanan yang sudah siap makan. (contoh, nasi, bukan beras). Di arab, yg paling banyak belanja itu laki2. Yang tau harga2 di pasar itu laki2.

Loh kenapa sekarang kebalik?

Hadis rasul: “kalo seandainya diperbolehkan seorang manusia sujud ke manusia lain, akan kuperintahkan istri sujud ke suaminya”. Itu karena tanggung jawab seorang suami teramat besar.

Siapa saja yg dapat membahagiakan suaminya sedikitpun, istri tersebut dibukakan pintu surga.
Ini hikmah alim ulama: satu gelas air yang diberikan ke suami, dan suami tersebut senang, maka wanita tersebut udah dapet pahala umrah. (Ini hikmah alim ulama, bukan hadis lhoo) 
Apabila seorang suami bangun tengah malem untuk ngasih makan istri. Apakah suami tersebut dapet pahala surga? Tidak, karena hal tersebut memang kewajiban suami.

Hebatnya wanita membahagiakan suaminya, adalah karena mereka mendambakan surganya Allah..

Sepasang suami dan istri selayaknya menjadi seperti dua tangan. (kun kaliyadain). 
1. Kalo jalan, kompak. Ketika tangan kanan sedang berada didepan. Maka tangan yang kiri pasti ada di belakang. Coba, kalau sedang berjalan, tangan kiri dan tangan kanannya sama2 ada di depan, kan ngga lucu.
2. Saling tolong menolong. Kalau tangan kiri gatel, tangan kanan yg garukin. Begitu pula sebaliknya.
3. Saling bertemu. saling silaturahmi. Tangan kiri ketemu dgn tangan kanan kan? Supaya ga miskomunikasi. 
Jangan kaya telinga. Ga pernah berjumpa. Kalau gatel siapa yg garuk? 

Wallahua’lam bi shawab

Demikian, mudah2an ada manfaatnya. Sekali lagi, jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon langsung dikoreksi. Terimakasih.