Jemput bola

Catatan Kajian the rabbanians

Rabu 21 september 2016

Mesjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan

Jemput Bola

Ustadz Nuzul Dazikri

Dalam hidup ini kita harus berani jemput bola. Lakukan effort. Baru Allah akan tolong kita. Ini konsep hidup seorang muslim. 

Surah Muhammad ayat 7

Wahai orang beriman. Jika kalian menolong agama Allah. Allah akan tolong kalian. Jangan kebalik, tunggu pertolongan dulu baru melangkah.

Surah al ankabut ayat 69

Barang siapa yg berjuang di atas jalanKu, baru Aku beri petunjuk. Setelah kita berusaha, baru Allah berikan rizki dan kemudahan.

Ar raad ayat 11

Allah tidak akan merubah kondisi sebuah kaum sampai mereka jemput bola dulu. Bukan diam nunggu. 

Al mulk ayat 2

Konsep dunia adalah ujian. Seluruh dinamika di dalam dunia adalah untuk menguji kita. Konsep dunia bukan sebuah bonus. Dunia itu ujian. Mau ngga kita fight?

Ali imran 142

Apakah kalian berfikir kalian akan masuk surga begitu saja sedangkan Allah belum melihat siapa yg bersungguh2 di antara kalian? Allah belum melihat siapa yg sabar di antara kalian? Buktikan dulu bahwa kalian pantas di tolong.

Lihat hajar. Dia itu istri nabi. Tapi ngga ada red carpet. Ditinggalkan begitu aja di tempat tandus. Unta aja ngga mau tinggal di sana. Ini kisah nyata. Bukan dongeng.

Allah ingin mengeliminasi orang2 munafik. Yang cuma bisa lip sync. Ngga mau berjuang. Kalau bicara dusta.

Lihat Nabi Muhammad. Allah ingin menguji. Sabar ngga Nabi ketika dicaci dimaki?

Jangan berkhayal.  Begitu hijrah langsung sukses dunia akhirat. Ngga ada seperti itu.

Pertanyaannya

Gimana supaya kita lulus ujian ini? 

Kuncinya adalah “yakin”.

Kita ngga mungkin menyerah kepada Allah tanpa keyakinan.

Sifat orang bertakwa yg pertama apa ?

Al baqarah. Ayat 2.

Yaitu orang yg percaya terhadap yg gaib… bukan gaib yg ada di tv…Gaib maksudnya adalah pahala Allah yg ngga keliatan di dunia..

Ali imran 97

Perintah haji

Kenapa kita solat? Kenapa kita Ikut kajian? Kenapa kita tahajud? Kenapa kita puasa? Karena kita yakin ada hisab. 

As sajadah 24

Dan kami jadikan pemimpin2 dari bani israil orang2 yg mengajak kepada perintah Allah. Kenapa nabi musa dan nabi2 lain sabar? Karena dia yakin.

Kita ngga akan mau ninggalin hobi kita kalau kita ngga yakin sama ayat ini.

Al Araf 157

“Yang Allah larang (haram) itu pasti buruk. Yg halal itu pasti baik.”

Al baqarah 276

Allah menghancurkan riba.

Al baqarah 279.

Yg ngga mau ninggalin riba. Tabuhkan genderang perang melawan Allah dan Rasulnya.

Al mulk 14.

Allah itu al latif. Bukankan yg menciptakan anda lebih tau tentang anda? Al latif. Maha halus. Jika menghancurkan hambanya. Tidak terasa. Tiba2 hancur keluarganya. Bangkrut usahanya. Ngga langsung. Kalau langsung bukan ujian. 

Al maidah 90

Khamr itu keji. Anda akan hancur. Ini keyakinan. Mana prakteknya? 

Pertanyaan pertama dalam kubur. Mar rabbuka. Rabb itu pengatur. Bener ngga saat kita hidup di dunia kita mau diatur sama Allah. Yg Allah haramkan pasti buruk. Walaupun kita belum tau hikmahnya.

Kata nabi. Penghuni neraka yg ngga pernah saya liat sama sekali. Wanita yg berpakaian tapi telanjang.

Nabi berkata: Tidak ada yg kutakutkan dari umatku kecuali minimnya keyakinan

Nabi berkata: yang membuat generasi pertama sukses adalah keyakinan mereka dan zuhud kepada dunia

Lihat Abu bakr, Umar bin khatab, Abdurahman bin auf. Mereka itu orang kaya. Tanah mereka di mekkah ribuan meter. Saat hijrah. Tanahnya yang bernilai milyaran rupiah ditinggalkan begitu saja. Apalah kita ini yang ngga mau ninggalin pekerjaan yg haram padahal gaji cuma UMR.

Kita terbiasa yg instan.Ngga ada yg instan yg bagus. Krn melawan sunnatullah. Mau sukses di dunia harus berusaha habis2an. Butuh proses. Mati2an. Kalau anda ingin dihargai orang di dunia. Tunjukkan dulu.

Assaffat 102.

Lihat Ismail ketika mau disembelih dan berkata. Ya ayahku. Lakukan. InsyaaAllah aku termasuk orang yg sabar. Karena dia yakin.

Terus gimana supaya kita yakin?

Yang pertama

Doa. Minta keyakinan.

Nabi mengatakan: Wahai manusia. Sesungguhnya tidak ada hal yg paling berharga bagi manusia di dunia ini selain keyakinan dan keselamatan. Keselamatan maksudnya selamat sehat. Selamat harta. Maka selalu minta dua hal ini kepada Allah.

Hadis tirmidhi. Salah satu doa nabi. Berikanlah aku keyakinan dengan keyakinan itu akan meringankan musibah2 dunia. Apa yg membuat orang tenang? Karena dia yakin Allah akan memberikan jalan keluar.

Yg kedua.

Belajar. 

Kita ngga akan meyakini sesuatu yg kita tidak tau

Pelajari Allah. Pelajari rasul. Lihat bahwa Allah selalu tepat. Allah tau tentang laba2 betina yg membuat rumah. Tidak ada yg meleset.

Kalau Allah bilang kita harus tutup aurat pasti itu untuk kebaikan kita. Kalau Allah bilang uang haram akan membuat sengsara pasti tidak akan meleset

Yang ketiga.

Amalkan ilmu kita. 

Kalau ngga kita amalkan. Ilmu kita ngga bertambah.

Kerjakan. Anda akan liat gimana Allah nolong anda. Jangan banyak mikir. Nabi ibrahim lebih pintar dari kita. Tapi dia meninggalkan hajar di padang tandus. Ketika Hajar bertanya. Apa Allah yg nyuruh? Ibrahim menjawab “iya”. Hahar pun berkata “maka Allah tidak akan menelantarkan hambaNya”

Al qasas 83

Dan ending dari seluruh drama ini pasti untuk orang bertakwa. Mau ngga kita menundukkan seluruh logika kecerdasan kita di hadapan yg Maha Berilmu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s