Battle of Khandaq Part 2

Kisah ini merupakan lanjutan dari kisah sebelumnya, yaitu setelah rasul memecahkan batu saat menggali parit..
Saat pasukan telah selesai menggali, Rasulullah bertanya “apa kalian sudah selesai menggali? apakah semuanya sudah dicek?”
Salman menjawab.. “Sudah ya Rasulullah, tapi ada satu tempat yang agak rawan, karena ada dinding batu, jadi sulit digali”
Kemudian Rasul datang ke tempat tersebut sambil berkata “tempat ini bahaya, karena kuda terlatih bisa loncat ke sini. Hanya pasukan arab yang punya kuda terlatih seperti itu”
Salman bertanya lagi “terus gimana ya Rasulullah?”
Rasul menjawab “tempatkan saya di sini”
Ali Bin Abi Thalib pun berkata “saya boleh ikut ya Rasulullah?” Rasul pun menjawab “iya silahkan”
Akhirnya pasukan musuh pun datang..
Yang pertama datang adalah pasukan Abu Sufyan, Huyaiy, dan Khalid bin Walid… mereka datang dengan cepat sambil teriak “serbuuuu”…
Tapi begitu mereka sampai ke depan Madinah, mereka pun kaget melihat parit yang telah digali.. Abu Sufyan berkata “apa ini? perang seperti ini bukan gaya arab!”
Abu Sufyan melanjutkan “coba cek ke sebelah sana… coba cek ke ujung situ..”  Pasukan pun memutar, termasuk Kinanah ke suatu ujung, dan Ikrimah ke ujung lainnya.. namun mereka ngga bisa masuk kemana-mana karena terhalang parit.
Di antara pasukan musuh, ada orang  yang bernama Amr bin Abdu Wuud.. orang Mekkah.. usia 80 tahun.. kuat sekali.. keluarga Abdu wuud tewas di perang Badar, sejak saat itu ia bernazar untuk tidak keramas sampai berhasil membunuh Nabi.. empat tahun ngga keramas, makanya rambutnya gimbal..
Abdu wuud bersama ikrimah.. mencari celah.. akhirnya mereka menemukan tempat yg rawan tadi..
Kuda Abdu wuud loncat.. berhasil ! Kuda ikrimah juga loncat..Cuma ada 4 atau 5 kuda yang berhasil melompati parit..
Kemudian.. Abdu wuud teriak..
Siapa yg akan menghadapiku?
Rasul bilang.. “siapa yg mau menghadapi orang ini?”
Semua sahabat diam.. sahabat berpikir “ini Abdu wuud.. orangnya kuat…”
Tiba tiba.. Ali bin Abi Talib berdiri dan berkata.. “saya ya Rasulullah..”
Rasul diam. Kemudian bertanya lagi kepada para sahabat.. “siapa yg mau menghadapi?”
Ali menjawab lagi.. “saya ya Rasul..”
Rasul pun berkata “saya takut kamu dibunuh ya ali..”
Ali lalu menjawab dengan tatapan berani “Justru saya yg akan membunuhnya ya Rasulullah”
Mendengar jawaban itu, akhirnya Rasul pun setuju.. “baiklah”
Ali pun turun hanya membawa pedang dan perisai..
Di arab..  duel tidak akan dimulai sebelum tau siapa lawannya..
Abdu wuud nanya “Siapa kamu?”
Ali menjawab “saya Ali”
Abdu wuud : “Ali bin Muawiyah?”
Ali: “Bukan, saya Ali bin Abi talib”
Abdu wuud kaget: “apa???”
Ternyata bapaknya Ali bin abi talib ini adalah temannya Abdu wuud.. saat itu usia Ali sangat muda.. hanya 17-20an tahun.. sedangkan Abdu wuud 80 tahun..
Abdu wuud bilang.. “ah.. sana pulang kamu.. saya tau waktu kamu masih anak2.. kamu bukan lawan saya.. apa tidak ada orang lain yang sepantaran?”
Ali bilang.. “Saya tau.. Abdu wuud tidak akan meninggalkan salah satu pilihan diantara dua pilihan..”
Abdu wuud bertanya “Anda benar! Apa pilihannya?”
Kata Ali “pilihan pertama, masuklah ke dalam islam, baca syahadat”
Kata abdu wuud.. “saya tidak mau, justru saya jauh jauh ke sini untuk melawan islam”
Kemudian Ali berkata “baiklah, pilihan ke dua.. ‘annizal’ yaitu duel sampai mati..”
Mendengar kata2 ali itu, Abdu wuud marah sekali karena seumur hidupnya tidak ada yg pernah berani bilang gitu ke dia..
Sangking marahnya.. kudanya pun dihajar sampai mati..
Saat itu, Abdurrahman bin Auf menyaksikan dan bilang.. “saya tidak pernah khawatir ketar ketir seperti saat itu”
Duel pun dimulai..
Abdu wuud langsung mukul.. Ali menangkis dengan perisai.. pukulan Abdu wuud sangat kencang sampai-sampai perisai Ali pecah..
Setelah itu..
Debu menutupi..
Gerakan Ali dan gerakan Abdu wuud tidak keliatan lagi..
Hanya kedengeran suara pedang.. trang.. tring..
Tiba-tiba..
hening.. tidak ada suara sama sekali..
Lalu sayup-sayup terdengar suara takbir.. “Allahuakbar !”
Rasul pun mendengarnya dan ikut bertakbir..
Setelah duel selesai.. Ali melihat Ikrimah dan berkata “Siapa mau hadapi aku?
Ikrimah pun lari seperti wanita yg ketakutan..
Tak lama, pihak musuh berkata seperti ini ke Ali..
“Ali..kasih jenazah abdu wuud ke kami.. kami akan menyerahkan 1000 dinar..”
Rasul pun menjawab “Kami tidak jual beli jenazah.. sana ambil aja..”
——to be continued—-
Tulisan ini dicatat dari pengajian Ustadz Abi Makki di Mesjid Husnul Khatimah Cinere, 14 Oktober 2017

Leave a comment