Uncategorized

Catatan dari Ustadz Abdul Somad di Al Azhar 11 11 2017

Berikut sedikit catatan dari ceramah Ustadz Abdul Somad di Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan, 11 November 2017
MUSLIM UNITY
Tema hari ini adalah meneladani semangat pahlawan. Apa yang kita teladani? Semangatnya. Bukan bajunya. Bukan wajahnya.
Semangat adalah sesuatu yg tak tampak, bukan materi, bukan fisik. Semangat adalah spirit, spiritual, atau soul.
Pahlawan adalah orang yg menonjol karena berani berkorban membela kebenaran.
Apa pernah Bung Tomo atau Pangeran Diponegoro minta disematkan sebagai pahlawan? Tidak.
Mereka berjuang karena Allah. Semangat itu yang kita ikuti.
Ada 7 golongan yg dapat naungan Allah di saat tidak ada naungan lain selain naunganNya, salah satunya adalah anak muda yg tumbuh dalam ibadah kepada Allah. Kenapa anak muda? Karena saat muda nafsu sedang menggelora tapi dia malah beribadah.
Janji Allah
Siapa diantara kalian yang murtad, maka Allah akan mengganti kalian dengan sekelompok orang, bagaimana sifatnya? Mereka mencintai Allah dan Allah mencintai mereka. Mereka tak pernah khawatir dalam menegakkan agama Allah.
Kalau ada orang baik dan ada orang tak baik, itu biasa. Dari sejak nabi Adam, sudah ada kabil ada habil. zaman nabi Musa, ada nabi Musa ada firaun. Zaman nabi Muhammad SAW, ada nabi Muhammad SAW ada abu jahal ada abu lahab.
Setiap tokoh ada masanya dan setiap masa ada tokohnya.
Kalau kau merasa sunyi dalam perjalanan dakwah, maka orang2 dulu pernah merasakan hal yg sama. Buya Hamka pernah dihina, dimasukkan ke dalam penjara. namun justru dari dalam penjara itu timbul ide cemerlang sehingga terbit tafsir Al Azhar.
Yusuf Al Makassari dari Makassar pernah diasingkan ke Afrika.. Cut Nyak Dien dari Aceh pernah dibuang ke Sumedang..  Pangeran Diponegoro dari Jogja pernah dicampakkan ke Makassar.
Semua itu tidak masalah selama kita yakin Allah bersama kita.
Apa kata bani israil ketika bersama nabi Musa?
“Musa.. lihatlah.. firaun di belakang… kita akan ditangkap..” Musa berkata.. “Tidak. Allah bersama kita..”
Tidak akan terjadi hari kiamat selama masih ada manusia yang mengucapkan Allah dalam lisannya..
Setan paling pintar menggoda manusia.. untuk orang2 yang sudah solat, setan tidak akan menggoda orang tersebut untuk meninggalkan solat, karena itu tidak akan mempan.
Setan akan menggoda lewat jalan lain. setan akan menanamkan permusuhan antar kita dengan perbedaan2 yang ada.
Untuk hal2 yang khilafiyah jangan diperdebatkan lagi. ada yang solat subuh pake qunut, ada yang tidak qunut. Dua duanya sama2 sah. jangan bertengkar. nanti yang senang orang yang tidak solat subuh.
Ada yang pakai celana di atas mata kaki.. ada yang celananya di bawah mata kaki, selama tidak sombong tidak haram. Jangan saling mencela, nanti yang senang orang yang tak pakai celana.
Kita sepakat dalam hal2 yang sudah disepakati, contohnya solat subuh hukumnya wajib.
Ingatlah surah Ali Imran ayat 103..  “Walaa tafarraquu..” jangan terpecah belah
Wallahu a’lam bisshawwab
Advertisements

Battle of Khandaq Part 3

Kisah ini merupakan lanjutan dari kisah sebelumnya, dimana Abdu Wuud tewas setelah kalah duel dengan Ali bin Abi Talib..”

 

Salah satu pimpinan pasukan musuh bernama Huyaiy bin Akhtab, orang Yahudi..

Setelah Abdu Wuud kalah, Huyaiy muter muter mencari celah untuk masuk ke kota Madinah..

Akhirnya Huyaiy pun sampai ke benteng suku quraidah.. pemimpin suku quraidah saat itu bernama Kaab..

 

Benteng Quraidah ini letaknya di belakang Madinah.. benteng ini merupakan salah satu pintu masuk ke Madinah.. kalau ini terbuka, pasukan musuh bisa masuk dan bahaya.. makanya, sebelum perang, Rasul dan pimpinan suku Quraidah pernah membuat perjanjian agar suku Quraidah tidak membuka benteng kepada siapapun..”

Saat Huyay berada di depan benteng Quraidah.. ia berkata kepada pimpinannya.. “Hai Kaab.. Hai Kaab.. buka pintunya… kami kan sodaramu.. buka pintunya..”

Kaab bilang.. “kami sudah sepakat dengan muhammad.. pergi sana.. Kami tidak akan buka pintu..”
Lalu Huyaiy berkata.. “ahh.. bilang aja kamu ngga mau buka pintu karena kamu pelit kan? ngga punya makanan untuk tamu.. dasar pelit!”

Mendengar ini Kaab pun marah, karena orang yahudi paling anti dibilang pelit..

Kaab pun berkata.. “yaudah sini masuk”

Pintu benteng pun dibuka..

Begitu masuk.. Huyaiy bilang gini ke Kaab..

“Kaab.. ini pasukan kami total ada 10.000 orang.. ayo sama2 kita serang Muhammad.. kita tidak mungkin kalah.. Muhammad kan dalam keadaan terjepit..”
Saat itu.. Rasul pun curiga akan keadaan di benteng Quraidah.. Rasul pun mengutus Saad bin Muadz
dan Saad bin Ubadah untuk memeriksa apakah suku Quraidah masih menepati janjinya..

 

Saat Saad berada di depan benteng suku Quraidah.. Saad minta bertemu dengan Kaab.. namun, bukannya disambut, malah orang Yahudi teriak sambil berkata “di antara kita sudah tidak ada perjanjian lagi!”

Saad pun buru-buru kembali ke depan Madinah untuk melapor ke rasul..

“Abdah wa Qarrah ya Rasulullah..” kata Saad..
Abda wa qarrah ini kejadian waktu dulu qari pernah dibunuh dan dikhianati.. artinya suku Quraidah sudah mengingkari janjinya..
Rasul pun terdiam..

Tiba tiba Rasul takbir… “Allahuakbar!
Allah akan kirim malaikat untuk bantu kita…


Di saat yg sama.. Pimpinan suku Quraidah bilang gini ke pasukan.. “Coba sana kalian cek ke Madinah.. apa di benteng belakang ada pasukan? Kalau tidak ada, mari kita serang saja dari sekarang..”

Saat itu di benteng belakang dikumpulkan para perempuan, anak-anak, dan orang orang tua yang sudah tidak sanggup berperang.. di dalam benteng tersebut ada tantenya Rasul, namanya Shafiyyah.. ada juga seorang kakek yang bernama Hasan bin Tsabit..

 

Shafiyyah ini istrinya Zubair bin Awwam dan ibunya Abdullah bin Zubair.. mereka semua adalah sahabat nabi yang pemberani..

Pasukan suku Quraidah pun datang ke benteng belakang itu..

Saat itu Safiyyah melihat dari kejauhan, ada pasukan musuh yang mendekati benteng belakang.. “bahaya ini” pikirnya..
Lalu Shafiyyah pun mengajak Hasan bin Tsabit.. “yok kita lawan mereka..”

Hasan pun bilang.. “saya sudah tua.. tidak sanggup lagi melawan”

 

Shafiyyah pun berkata “ini bahaya jika musuh bisa masuk benteng ini, karena di dalam benteng ini cuma ada para wanita.. bisa habis kita”

Kemudian.. Shafiyyah dengan gagah berani menggunakan baju perang.. baju perang itu tertutup.. sehingga orang tidak ada yang tau kalau di dalamnya adalah seorang wanita..

Pasukan musuh pun mengintai pelan-pelan.. salah satu pasukan menyelinap dari luar benteng.. naik ke atas untuk menaiki benteng.. untuk melihat keadaan di dalam benteng..

 

Di dalam benteng, Shafiyyah sudah menunggu di atas tangga.. saat itu Shafiyyah membawa pisau…

Saat musuh naik ke tangga yang paling atas, Shafiyyah pun langsung dengan cekatan menebas leher musuh tersebut”

Kemudian Shafiyyah berdiri di atas benteng, sambil memegang kepala musuh, dan melemparkan kepala musuh tadi ke arah teman temannya..

Saat itu pasukan yang lain melihat dari bawah dengan kaget sambil berkata “wah.. bahaya ini, di dalam benteng ini banyak pasukan laki-laki! Ayo kita pulang”.  Kemudian pasukan musuh tadi pun lari pulang ke benteng Quraidah..

 

Perlu dipahami disini bahwa ini kondisi perang.. harus dibedakan dengan kondisi damai.. apa yang dilakukan Shafiyyah sudah tepat.. jangan dipikir kalau ini sadis.. bayangkan kalau pasukan musuh tadi bisa masuk ke benteng yang isinya perempuan dan anak anak..

 

Pasukan tadi pun melapor ke pimpinan suku Quraidah.. “lapor, di benteng belakang penjagaan sangat ketat, kita tidak bisa masuk sekarang..”

Pimpinan Quraidah pun bilang.. “baiklah.. jangan masuk dulu.. tunggu aba aba dari pasukan Quraisy”

 

—  to be continued —

 

Battle of Khandaq Part 2

Kisah ini merupakan lanjutan dari kisah sebelumnya, yaitu setelah rasul memecahkan batu saat menggali parit..
Saat pasukan telah selesai menggali, Rasulullah bertanya “apa kalian sudah selesai menggali? apakah semuanya sudah dicek?”
Salman menjawab.. “Sudah ya Rasulullah, tapi ada satu tempat yang agak rawan, karena ada dinding batu, jadi sulit digali”
Kemudian Rasul datang ke tempat tersebut sambil berkata “tempat ini bahaya, karena kuda terlatih bisa loncat ke sini. Hanya pasukan arab yang punya kuda terlatih seperti itu”
Salman bertanya lagi “terus gimana ya Rasulullah?”
Rasul menjawab “tempatkan saya di sini”
Ali Bin Abi Thalib pun berkata “saya boleh ikut ya Rasulullah?” Rasul pun menjawab “iya silahkan”
Akhirnya pasukan musuh pun datang..
Yang pertama datang adalah pasukan Abu Sufyan, Huyaiy, dan Khalid bin Walid… mereka datang dengan cepat sambil teriak “serbuuuu”…
Tapi begitu mereka sampai ke depan Madinah, mereka pun kaget melihat parit yang telah digali.. Abu Sufyan berkata “apa ini? perang seperti ini bukan gaya arab!”
Abu Sufyan melanjutkan “coba cek ke sebelah sana… coba cek ke ujung situ..”  Pasukan pun memutar, termasuk Kinanah ke suatu ujung, dan Ikrimah ke ujung lainnya.. namun mereka ngga bisa masuk kemana-mana karena terhalang parit.
Di antara pasukan musuh, ada orang  yang bernama Amr bin Abdu Wuud.. orang Mekkah.. usia 80 tahun.. kuat sekali.. keluarga Abdu wuud tewas di perang Badar, sejak saat itu ia bernazar untuk tidak keramas sampai berhasil membunuh Nabi.. empat tahun ngga keramas, makanya rambutnya gimbal..
Abdu wuud bersama ikrimah.. mencari celah.. akhirnya mereka menemukan tempat yg rawan tadi..
Kuda Abdu wuud loncat.. berhasil ! Kuda ikrimah juga loncat..Cuma ada 4 atau 5 kuda yang berhasil melompati parit..
Kemudian.. Abdu wuud teriak..
Siapa yg akan menghadapiku?
Rasul bilang.. “siapa yg mau menghadapi orang ini?”
Semua sahabat diam.. sahabat berpikir “ini Abdu wuud.. orangnya kuat…”
Tiba tiba.. Ali bin Abi Talib berdiri dan berkata.. “saya ya Rasulullah..”
Rasul diam. Kemudian bertanya lagi kepada para sahabat.. “siapa yg mau menghadapi?”
Ali menjawab lagi.. “saya ya Rasul..”
Rasul pun berkata “saya takut kamu dibunuh ya ali..”
Ali lalu menjawab dengan tatapan berani “Justru saya yg akan membunuhnya ya Rasulullah”
Mendengar jawaban itu, akhirnya Rasul pun setuju.. “baiklah”
Ali pun turun hanya membawa pedang dan perisai..
Di arab..  duel tidak akan dimulai sebelum tau siapa lawannya..
Abdu wuud nanya “Siapa kamu?”
Ali menjawab “saya Ali”
Abdu wuud : “Ali bin Muawiyah?”
Ali: “Bukan, saya Ali bin Abi talib”
Abdu wuud kaget: “apa???”
Ternyata bapaknya Ali bin abi talib ini adalah temannya Abdu wuud.. saat itu usia Ali sangat muda.. hanya 17-20an tahun.. sedangkan Abdu wuud 80 tahun..
Abdu wuud bilang.. “ah.. sana pulang kamu.. saya tau waktu kamu masih anak2.. kamu bukan lawan saya.. apa tidak ada orang lain yang sepantaran?”
Ali bilang.. “Saya tau.. Abdu wuud tidak akan meninggalkan salah satu pilihan diantara dua pilihan..”
Abdu wuud bertanya “Anda benar! Apa pilihannya?”
Kata Ali “pilihan pertama, masuklah ke dalam islam, baca syahadat”
Kata abdu wuud.. “saya tidak mau, justru saya jauh jauh ke sini untuk melawan islam”
Kemudian Ali berkata “baiklah, pilihan ke dua.. ‘annizal’ yaitu duel sampai mati..”
Mendengar kata2 ali itu, Abdu wuud marah sekali karena seumur hidupnya tidak ada yg pernah berani bilang gitu ke dia..
Sangking marahnya.. kudanya pun dihajar sampai mati..
Saat itu, Abdurrahman bin Auf menyaksikan dan bilang.. “saya tidak pernah khawatir ketar ketir seperti saat itu”
Duel pun dimulai..
Abdu wuud langsung mukul.. Ali menangkis dengan perisai.. pukulan Abdu wuud sangat kencang sampai-sampai perisai Ali pecah..
Setelah itu..
Debu menutupi..
Gerakan Ali dan gerakan Abdu wuud tidak keliatan lagi..
Hanya kedengeran suara pedang.. trang.. tring..
Tiba-tiba..
hening.. tidak ada suara sama sekali..
Lalu sayup-sayup terdengar suara takbir.. “Allahuakbar !”
Rasul pun mendengarnya dan ikut bertakbir..
Setelah duel selesai.. Ali melihat Ikrimah dan berkata “Siapa mau hadapi aku?
Ikrimah pun lari seperti wanita yg ketakutan..
Tak lama, pihak musuh berkata seperti ini ke Ali..
“Ali..kasih jenazah abdu wuud ke kami.. kami akan menyerahkan 1000 dinar..”
Rasul pun menjawab “Kami tidak jual beli jenazah.. sana ambil aja..”
——to be continued—-
Tulisan ini dicatat dari pengajian Ustadz Abi Makki di Mesjid Husnul Khatimah Cinere, 14 Oktober 2017

Do you know there is special angels?

Do you know that Allah SWT has created special angels?

Their only job on earth is to go around searching for people who are remembering Allah.

So if they see a gathering where Allah’s name is being mentioned.

They surrounded the gathering and call out to each other “come, we have found what we are looking for”

The gathering of the angels goes all the way up to the heaven, and the discussion happen between Allah SWT and the angels:

Allah SWT ask the angels, “how did you find My worshiper?” (though Allah knows better)

The angels say “O my Rabb, we found them while they are remembering You and seeking protection from You”

And Allah ask them again “what are they asking from Me?

The angels say “they asking from You.. paradise”

Allah ask them again “Have these people seen paradise?

The angels say “No, they haven’t”

Allah ask them again “What if they have seen paradise?

The angels say “Had they seen paradise, they would have ask it for a greater way”

Allah ask them again “What are they seeking protection from?

The angels say “They seeking protection from hell fire”

Allah ask them again “Have they seen hell fire?

The angels say “No, they haven’t”

Allah ask “What if they have seen it?

The angels say “Had they seen hell fire, they would have run away from it in a bigger way”

 

In the end of discussion,

Allah say “O angels, I want you to bear witness, I have forgiven them completely, and they will get what they have asked for

and the angels say “O Rabb, there is a certain person among them, a much sinning person, who have just passing by and sat down with them”

Allah say “Even to that person, I have forgive him/her.. s/he who sits in such gathering will succeed with the rest

 

Wallahu a’lam

Dicatat dari Hadith Qudsi dan ceramah Mufti Menk, Mansoor, dan Nayef di Youtube

sunnah dot com slash qudsi40 Hadith 14

 

Udah lama kerja, tapi…… Udah lama nikah, tapi..

Suatu hari.. ada tiga orang datang ke rumah Hasan al Bashri Rahimahullah.. mereka antri dan masuk satu persatu..
Orang pertama berkata “Sudah 10 tahun saya nikah, tapi belum juga dapat anak.. saya sudah ikhtiar ke dokter ini dan itu.. minum obat macem2.. tapi masih belum berhasil.. apa saran anda?”

Lalu Hasan Basri berkata “perbanyaklah istighfar..”
Lalu orang tersebut keluar.. kemudian masuk orang kedua dan bertanya..
“Sudah lama saya sakit.. sakit sekali rasanya pengen mati saja sangking sakitnya.. sudah coba berobat kesana sini ngga sembuh juga.. apa saran anda?”
Lalu Hasan Basri berkata “perbanyak istighfar..”

Kemudian orang kedua pun keluar..
Lalu masuk orang ketiga dan berkata..
“Sudah lama saya bekerja banting tulang, mayoritas waktu saya untuk kerja.. tapi kenapa saya belum kaya juga? apa saran anda?”
Lalu Hasan Basri berkata “Perbanyak istighfar..”
Kemudian orang itu pun keluar dan pulanglah ketiga orang tadi..
Di dalam rumah.. isteri Hasan Basri bertanya..

“Wahai suamiku.. ketiga orang itu masalahnya beda beda.. mungkin yang satu butuh ditunjukkan dokter yang tepat.. yang satu butuh modal usaha.. kenapa anda cuma suruh istighfar saja?”
Hasan basri berkata.. “wahai istriku.. tidakkah kau dengar kalau mereka sudah ikhtiar? Dan saat ini mereka sedang tertutup di sebuah pintu yang mereka tidak tau jalan keluarnya..”
“Maka saya teringat firman Allah dalam Surah Nuh (surah ke 71) ayat 10 sampai 12..”
Di surah itu diceritakan Nabi Nuh berkata kepada kaumnya tentang istighfar..
Nabi Nuh berkata.. “Minta ampunlah.. nanti Allah akan turunkan ‘midrara’ dari langit”

Apa itu midrar?

Midrar bisa berarti hujan yang lebat.. bisa berarti rezeki yang nonstop.. terus ngalir.. bertubitubi..
Dengan istighfar, Allah akan memperbanyak keturunan dan harta kalian.. dan Allah akan suburkan kebun kebun kebun kalian..

Mari kita perbanyak istighfar.. karena istighfar akan mendatangkan rezeki.. segala permintaan akan dikabulkan..

sebagaimana hadist riwayat Bukhari “siapa yang selalu istighfar, Allah akan berikan jalan keluar dari semua masalahnya, dan Allah akan berikan rezeki dari arah yang tidak disangka sangka”

 

Dicatat dari kajian ustad Khalid Basalamah di YouTube

https:  //  youtu.be/ 7XpeqlzMj7E

Wallahua’lam

 

Jemput bola

Catatan Kajian the rabbanians

Rabu 21 september 2016

Mesjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan

Jemput Bola

Ustadz Nuzul Dazikri

Dalam hidup ini kita harus berani jemput bola. Lakukan effort. Baru Allah akan tolong kita. Ini konsep hidup seorang muslim. 

Surah Muhammad ayat 7

Wahai orang beriman. Jika kalian menolong agama Allah. Allah akan tolong kalian. Jangan kebalik, tunggu pertolongan dulu baru melangkah.

Surah al ankabut ayat 69

Barang siapa yg berjuang di atas jalanKu, baru Aku beri petunjuk. Setelah kita berusaha, baru Allah berikan rizki dan kemudahan.

Ar raad ayat 11

Allah tidak akan merubah kondisi sebuah kaum sampai mereka jemput bola dulu. Bukan diam nunggu. 

Al mulk ayat 2

Konsep dunia adalah ujian. Seluruh dinamika di dalam dunia adalah untuk menguji kita. Konsep dunia bukan sebuah bonus. Dunia itu ujian. Mau ngga kita fight?

Ali imran 142

Apakah kalian berfikir kalian akan masuk surga begitu saja sedangkan Allah belum melihat siapa yg bersungguh2 di antara kalian? Allah belum melihat siapa yg sabar di antara kalian? Buktikan dulu bahwa kalian pantas di tolong.

Lihat hajar. Dia itu istri nabi. Tapi ngga ada red carpet. Ditinggalkan begitu aja di tempat tandus. Unta aja ngga mau tinggal di sana. Ini kisah nyata. Bukan dongeng.

Allah ingin mengeliminasi orang2 munafik. Yang cuma bisa lip sync. Ngga mau berjuang. Kalau bicara dusta.

Lihat Nabi Muhammad. Allah ingin menguji. Sabar ngga Nabi ketika dicaci dimaki?

Jangan berkhayal.  Begitu hijrah langsung sukses dunia akhirat. Ngga ada seperti itu.

Pertanyaannya

Gimana supaya kita lulus ujian ini? 

Kuncinya adalah “yakin”.

Kita ngga mungkin menyerah kepada Allah tanpa keyakinan.

Sifat orang bertakwa yg pertama apa ?

Al baqarah. Ayat 2.

Yaitu orang yg percaya terhadap yg gaib… bukan gaib yg ada di tv…Gaib maksudnya adalah pahala Allah yg ngga keliatan di dunia..

Ali imran 97

Perintah haji

Kenapa kita solat? Kenapa kita Ikut kajian? Kenapa kita tahajud? Kenapa kita puasa? Karena kita yakin ada hisab. 

As sajadah 24

Dan kami jadikan pemimpin2 dari bani israil orang2 yg mengajak kepada perintah Allah. Kenapa nabi musa dan nabi2 lain sabar? Karena dia yakin.

Kita ngga akan mau ninggalin hobi kita kalau kita ngga yakin sama ayat ini.

Al Araf 157

“Yang Allah larang (haram) itu pasti buruk. Yg halal itu pasti baik.”

Al baqarah 276

Allah menghancurkan riba.

Al baqarah 279.

Yg ngga mau ninggalin riba. Tabuhkan genderang perang melawan Allah dan Rasulnya.

Al mulk 14.

Allah itu al latif. Bukankan yg menciptakan anda lebih tau tentang anda? Al latif. Maha halus. Jika menghancurkan hambanya. Tidak terasa. Tiba2 hancur keluarganya. Bangkrut usahanya. Ngga langsung. Kalau langsung bukan ujian. 

Al maidah 90

Khamr itu keji. Anda akan hancur. Ini keyakinan. Mana prakteknya? 

Pertanyaan pertama dalam kubur. Mar rabbuka. Rabb itu pengatur. Bener ngga saat kita hidup di dunia kita mau diatur sama Allah. Yg Allah haramkan pasti buruk. Walaupun kita belum tau hikmahnya.

Kata nabi. Penghuni neraka yg ngga pernah saya liat sama sekali. Wanita yg berpakaian tapi telanjang.

Nabi berkata: Tidak ada yg kutakutkan dari umatku kecuali minimnya keyakinan

Nabi berkata: yang membuat generasi pertama sukses adalah keyakinan mereka dan zuhud kepada dunia

Lihat Abu bakr, Umar bin khatab, Abdurahman bin auf. Mereka itu orang kaya. Tanah mereka di mekkah ribuan meter. Saat hijrah. Tanahnya yang bernilai milyaran rupiah ditinggalkan begitu saja. Apalah kita ini yang ngga mau ninggalin pekerjaan yg haram padahal gaji cuma UMR.

Kita terbiasa yg instan.Ngga ada yg instan yg bagus. Krn melawan sunnatullah. Mau sukses di dunia harus berusaha habis2an. Butuh proses. Mati2an. Kalau anda ingin dihargai orang di dunia. Tunjukkan dulu.

Assaffat 102.

Lihat Ismail ketika mau disembelih dan berkata. Ya ayahku. Lakukan. InsyaaAllah aku termasuk orang yg sabar. Karena dia yakin.

Terus gimana supaya kita yakin?

Yang pertama

Doa. Minta keyakinan.

Nabi mengatakan: Wahai manusia. Sesungguhnya tidak ada hal yg paling berharga bagi manusia di dunia ini selain keyakinan dan keselamatan. Keselamatan maksudnya selamat sehat. Selamat harta. Maka selalu minta dua hal ini kepada Allah.

Hadis tirmidhi. Salah satu doa nabi. Berikanlah aku keyakinan dengan keyakinan itu akan meringankan musibah2 dunia. Apa yg membuat orang tenang? Karena dia yakin Allah akan memberikan jalan keluar.

Yg kedua.

Belajar. 

Kita ngga akan meyakini sesuatu yg kita tidak tau

Pelajari Allah. Pelajari rasul. Lihat bahwa Allah selalu tepat. Allah tau tentang laba2 betina yg membuat rumah. Tidak ada yg meleset.

Kalau Allah bilang kita harus tutup aurat pasti itu untuk kebaikan kita. Kalau Allah bilang uang haram akan membuat sengsara pasti tidak akan meleset

Yang ketiga.

Amalkan ilmu kita. 

Kalau ngga kita amalkan. Ilmu kita ngga bertambah.

Kerjakan. Anda akan liat gimana Allah nolong anda. Jangan banyak mikir. Nabi ibrahim lebih pintar dari kita. Tapi dia meninggalkan hajar di padang tandus. Ketika Hajar bertanya. Apa Allah yg nyuruh? Ibrahim menjawab “iya”. Hahar pun berkata “maka Allah tidak akan menelantarkan hambaNya”

Al qasas 83

Dan ending dari seluruh drama ini pasti untuk orang bertakwa. Mau ngga kita menundukkan seluruh logika kecerdasan kita di hadapan yg Maha Berilmu?

Al Mursalat (QS:77) Ayat 29-43 | Abi Makki | 15 02 2014

Catatan Pengajian Subuh Abi Makki. Kalau ada yang salah mohon dikoreksi 🙂

Image

 

Quran Surah Al Mursalat (Surah ke 77) Ayat 29-43

 

Ayat 29

“Pergilah kalian”. Ini maksudnya kepada orang2 kafir. Pergi ke suatu tempat yang dulu kamu dustakan. Maksudnya yaumul hisab.
Ada orang yg tidak mengakui yaumul hisab sama sekali. Baginya. Hidup cuma sekali. Ada juga orang yang mengakui adanya yaumul hisab tapi ngga mempersiapkan diri. Tetep maksiat. Tetep buat dosa.
Dua-duanya sama-sama masuk dalam kategori ini.

Ayat 30

Pergilah. Berteduh di bawah 3 cabang

Ibarat ada anak yang bangel ngebut-ngebutan. Dibilang orangtuanya jangan ngebut, nanti jatoh. Tapi si anak tetep bandel, ngebut, dan akhirnya jatoh dan tulangnya patah. Lalu orangtuanya bilang “enak kan patah tulang?”. Kira2 itu makna dari ayat ini. “Silahkan berteduh di bawah asap api neraka, di bawahnya api neraka”

Sirath atau jembatan.

Lamanya perjalanan di atas jembatan ini hanya 30.000 taun. 10.000 taun turunan, 10.000 taun tanjakan, 10.000 taun lurus.
Jembatan lebih tipis daripada rambut. Berjalannya di dalam kegelapan malam. Di bawahnya ada tingkatan-tingkatan neraka. Kalau ada yang jatuh, 40.000 taun ke bawah belum sampai ke neraka.
Asapnya sangat hitam. Saking hitamnya kalau kita taro tangan di depan kita, tangan kita ngga keliatan.
Lalu apa yg menerangi saat itu? Hanya amal saleh. Baca Surah At tahrim (66) ayat 8.

Bagaimana kondisi orang yang menyeberangi jembatan tersebut? Kata rasulullah “Ada yg secepat kilat. Seperti burung terbang. Seperti manusia biasa. Seperti ayam. Ada yg nunggu cahaya baru jalan. Saat redup dia nunggu. dst”

Siti aisyah suatu saat menangis.  

Rasul bertanya. “Ya Aisyah. Apa yg membuatmu menangis?”

Jawab Aisyah “Bagaimana aku tidak menangis ya Rasulullah, aku memikirkan kubur dan aku memikirkan hisab
Kata rasul. “Itu tidak bisa kita hindari ya aisyah“.
Lalu Aisyah berkata “Wahai Rasulullah. Apakah nanti ada satu masa seseorang kelak di akhirat lupa dgn orang yg dicintainya di dunia ini? (maksudnya, ya Rasulullah, mungkinkah engkau lupa denganku kelak?)

Rasul menjawab.
Ada 3 tempat/waktu dimana kita tidak akan sempat memikirkan siapa-siapa karena kita sibuk memikirkan diri sendiri dengan urusan masing-masing. Tempat tersebut adalah:
1. Ketika dibagikan kitab amal

2. Ketika ditimbang. Yaumul hisab.

3. Ketika di sirath.

Bagaimana cara kitab amal dibagikan?

Nanti orang-orang kaget. Tiba2 ada burung terbang. Ternyata yg terbang bukan burung. Tapi buku. Berantakan terbangnya. Kiri kanan terus. Lalu kitab tersebut jatuh ke diri kita. Mereka dalam keadaan khawatir. Ada yg kitabnya jatuh di tangan kanan. Ada yg di tangan kiri. Ada yg ke pundaknya. Yang menerima kitabnya dengan tangan kanan adalah orang mukmin soleh. Yang menerima dengan tangan kiri adalah orang mukmin tidak soleh. Yang menerima di pundak adalah orang munafik. Orang kafir ngga dapet buku. Ngga punya catetan apa-apa karena ngga punya Laa ila ha illallah.

Ayat 31.

Naungan yang disampaikan di ayat sebelumnya itu tidak melindungi diri dari api

Ayat 32.

Lemparan api neraka itu setinggi istana

Ayat 33. 

Api itu menyerang seperti unta kuning. (kuningnya api). Ada juga yang mengartikan lain, yaitu seperti unta hitam legam karena asap dari api neraka.

Ayat 34.

“Wailuyyaumaidzillilmukadzzibiin” Kecelakaan Ini Aku khususkan utk orang2 yg mendustakan

Ayat ini berulang-ulang..(kalau tidak salah ada 10 X pengulangan)

Ada hubungan dengan ayat di Surah Ar Rahman (55) yang “Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban”

Ayat 35.
Hari ini. Anda tidak bisa bicara apa-apa. Maksudnya. Ngga bisa membela diri. Mulut udah terkunci. Yang bicara tangannya, kulitnya, dst.. 

Ayat 36. Ngga ada lagi yang bisa ngasih alasan.

Yg paling lama dihisab adalah orang kaya dan orang yang banyak alasan. Setiap harta yang kita miliki akan ditanya satu per satu, dari mana kita dapat, apa yang kita gunakan dengan harta tersebut.

Ayat 37.
Celakalah bagi org2 yg mendustakan

Ayat 38. Ini adalah hari yang nyata. “Fasl” maknanya pasti terjadi /mutlak benarnya.

“Jama’naakum wal awwaliin”. Nanti kita dikumpulin sama orang2 jaman dulu. kaum nabi soleh. Kaum nabi nuh. Nanti kita ketemu dengan kakek kita, nenek kita. orang tua kita, dengan usia yang sama. Ngga bisa dibayangkan dengan pikiran kita saat ini.

Ayat 39
Kalo anda punya tipu muslihat. mau bela diri (pakai pengacara, jabatan, duit, dst). Nanti di akhirat. Coba suruh mereka membela anda. Tetep anda akan celaka.

Ayat 40. 

Celakalah bagi orang-orang yg mendustakan

Ayat 41.
Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam naungan yg teduh. Dan ada suara gemericik air.
Bayangkan kira2 tanah terbuat dari kaca.Seperti yg pernah dibuat nabi sulaiman.

Ayat 42.

Akan mendapatkan buah apapun yang diinginkan.

Ayat 43.
Silahkan. Makan minum. Ini semua milik anda.